BAMUIS BNI DAN UPZ MEMBANTU MASYARAKAT KP. CIPARANJE BANTEN DALAM PENGEBORAN AIR BERSIH DAN PEMBANGUNAN MCK

By Desember 16, 2019Kegiatan

Banten. Jumat(13/12/2109) Yayasan Baitulmal Ummat Islam Bank Negara Indonesia (BAMUIS BNI) dan UPZ Baznas BNI memberikan bantuan berupa Pengeboran Air Bersih dan membangun MCK umum yang berada di Kp. Ciparanje Kaler, Desa Cigoong Utara, Banten. Hal ini bertujuan untuk membantu warga Kp. Ciparanje yang mayoritas masyarakatnya tidak mempunyai MCK serta mengurangi pencemaran Linkungan.

MCK, mandi cuci kakus adalah sarana yang menunjang kehidupan sosial, budaya serta kesehatan masyarakat, MCK sehat merupakan cerminan lingkungan yang sehat, bersih serta tertata dapat mempengaruhi pola pikir individu untuk lebih memperhatikan lingkungan, menekan polusi udara dan pencemaran ekosistem, dampak positif bagi masyarakat adalah perubahan prilaku, kebiasaan serta budaya manusia dilingkungan umum.

Potret masyarakat yang rendah ekonomi memiliki tata ruang yang kumuh membuat mereka kurang menyadari arti penting dari fungsi MCK.
Dengan adanya pembangunan MCK umum yang sesuai tata cara perencanaan umum serta menjaga kaidah-kaidah MCK sehat dapat berperan dalam pengendalian lingkungan.

Mandi cuci kakus biasa disingkat MCK merupakan salah satu sarana fasilitas umum yang digunakan bersama untuk keperluan mandi, mencuci dan buang air oleh beberapa keluarga dilokasi pemukiman tertentu yang dinilai tingkat kemampuan ekonomi rendah dan berpenduduk cukup padat. (Mandalahurip)

Tujuan dari pembangunan MCK diantaranya yaitu :

Masyarakat merasa puas dengan kualitas dan kuantitas dari MCK yang dibangun.
Desain, kontruksi dan fasilitas yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat.

Leave a Reply