Program 1000 DAI BAMUIS BNI

Program 1.000 Da’i merupakan salah satu program unggulan disamping program yang telah ada sebelumnya yaitu program 1.000 TPA. Program Da’i ini merupakan program untuk tujuan terbentuknya kader-kader Da’i dengan tujuan terbentuknya Da’i yang berkualitas. Karena Dakwah merupakan salah satu pilar pokok bagi terpeliharanya eksistensi Islam di muka bumi. Al-Qur’an sendiri bahkan menganjurkan adanya komunitas sosial dalam berdakwah, dimana setiap komunitas muslim hendaknya memiliki sekelompok orang yang secara spesifik berprofesi sebagai para ahli dakwah (Da’i) untuk menyampaikan dakwah Islam dan menjalankan fungsi amar ma’ruf (perintah kebaikan) dan nahi mungkar (mencegah kejahatan dan keburukan).

 

Dengan Program 1.000 Da’i diharapkan para da’i baik yang berada di kalangan pesantren ataupun dikalangan masyarakat umum akan lebih baik dalam menyebarluaskan ajaran islam serta mengajak untuk berbuat kebaikan dan mencegah segala kemungkaran, sesuai firman Allah dalam surat al-imran ayat 104 yang berbunyi:

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar; merekalah orang-orang yang beruntung”.

BENTUK PROGRAM

Program Formal

Program 1.000 Da’i dengan sistem program formal yaitu para da’i/muballigh diambil dari kalangan mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang telah bekerjasama dengan BAMUIS BNI dengan cara memberikan bantuan beasiswa pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri, Swasta atau Instansi Da’wah.

Program Non Formal

Pada program 1.000 Da’i dengan sistem Non Formal ini, yaitu para da’i/muballigh yang diambil dari kalangan pesantren ataupun masyarakat umum yang tidak melanjutkan ke Perguruan Tinggi baik Negeri ataupun Swasta, namun keinginan mereka begitu kuat untuk menjadi seorang da’i.