Anjuran Sedekah

Sedekah adalah pemberian sesuatu dari seseorang kepada orang lain karena ingin mendapatkan pahala dari Allah SWT. Secara umum dapat diartikan sedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain secara sukarela tanpa ada batas waktu dan jumlah tertentu. Sedekah adalah amalan yang dilakukan oleh orang Islam untuk mengakui dan membuktikan keimanan-Nya dan mengharapkan keridhaan dari Allah SWT.

 

Sedekah merupakan amalan yang tidak terlalu berat, itu dibuktikan dengan bentuk sedekah yang dapat menunaikan dengan berbagai cara termasuk prilaku kehidupan. Oleh karena itu sangat disayangkan sekali jika orang Islam masih tidak mau bersedekah. Islam sudah memberikan kemudahan pada umatnya untuk melakukan kebaikan, tinggal menyadari saja bagamana cara untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain.

 

Menunaikan sedekah dapat membantu orang-orang yang membutuhkan, meskipun sedekah secara kasat mata dapat mengurangi jumlah kekayaan kita, namun yang sebenarnya tidak akan mengurangi kekayaan sedikitpun sesuai dengan apa yang dijanjikan oleh Allah SWT, justru akan menghasilkan banyak keutungan baik di dunia maupun di akhirat.

 

Imam Nawawi berpendapat dalam kitab Al-Majmu’, anjuran dalam sedekah sebaiknya diberiakan pada orang-orang terdekatnya seperti kerabat dan yang lainnya, apabila orang terdekat sudah tercukupi barulah memberikan pada orang lain yang cakupnya lebih luas misalnya masyarakat umum atau penyalur sedekah.

 

Mengingat pentingnya sedekah dalam Islam merupakan hal yang sangat terpuji karena sedekah dapat menghilangkan kemiskinan atau membantu orang kesusahan, selain itu juga dapat menjaga keharmonisan antara orang yang kaya dengan orang miskin.

 

Sedekah mempunyai banyak kandungan makna yang menjadi anjuran dalam agama untuk dilaksakan. Hal itu diimplementasikan untuk menguatkan ketaqwaan kepada Allah SWT dan juga sebagai bentuk bukti keimanan dan pemahaman terhadap agama Islam.

 

Sebagai orang Islam besegeralah bersedekah jangan sampai menunda-menunda dalam melaksanakannya, sebab ajal kita tidak ada yang tau kapan akan berakhir. Bila ada niat baik untuk melakukan sedekah hendaknya langsung dikerjakan agar segera memperoleh kebaikan dan upaya untuk menyempurnakan kebaikan-kebaik yang dilakukan.

 

Dalam bersedekah tidak harus berbentuk materi, boleh dengan pikiran atau bersedekah tenaga. Menurut Wajih Mahmud, sedekah bisa dilakukan dengan bentuk ibadah, seperti bersedekah dengan dzikir, shalat, shaum, akhlaq yang mulia dan lain sebagainnya.

 

Kemudahan dalam menunaikan sedekah dapat diharapkan semua orang Islam dapat menunaikan dengan maksimal dan ikhlas. Dan menjadi motivasi untuk selalu istiqamah dalam menunaikannya. (Artikel by. Suryadi AW)

On 14-12-2021 0 149

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Anda butuh bantuan?
Assalamu'alaikum wr wb, Kami Yayasan BAMUIS BNI mempunyai beberapa program penyaluran yang tersedia, antara lain:
- Program Pendidikan
- Program Kesehatan
- Program Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa (BMUK)
- Program Santunan Kemanusiaan
- Program 1000 TPA
- dsb

Mohon untuk dapat diinformasikan kepada kami, apa yang bisa kami bantu?