BUDAYA KERJA BARU

YAYASAN BAITULMAL UMMAT ISLAM
BANK NEGARA INDONESIA

URGENSI BUDAYA KERJA BAMUIS BNI

 

Budaya kerja merupakan suatu konsep yang didasari oleh kebiasaan atau keseluruhan pola perilaku setiap individu atau kelompok yang dibudayakan dan dikembangkan dalam suatu organisasi atau perusahaan untuk mempertahankan efisiensi dalam bekerja. 

 

Menurut Triguno (2003), budaya kerja merupakan suatu falsafah yang didasari oleh pandangan hidup sebagai nilai-nilai yang menjadi sifat, kebiasaan dan kekuatan pendorong, membudaya dalam kehidupan suatu kelompok masyarakat atau organisasi, kemudian tercermin dari sikap menjadi perilaku, kepercayaan, cita-cita, pendapat dan tindakan yang terwujud sebagai kerja atau bekerja.

Tujuan adanya budaya kerja yaitu untuk meningkatkan kinerja karyawan dengan menjadikannya lebih produktif, sehingga visi dan misi perusahaan dapat terwujud serta mampu menghadapi semua tantangan di masa mendatang. 

 

Budaya Kerja dapat terlihat dalam berbagai aspek seperti :

  • Suasana kerja
  • Sistem dan Prosedur
  • Peraturan dan Kebijakan
  • Perilaku karyawan
  • Perilaku Pimpinan

Maksud dan Tujuan
Penerapan Budaya Kerja

Bagi Perusahaan

Bagi Insan  BAMUIS BNI

Memiliki Nilai Budaya Kerja yang dapat menciptakan Sumber Daya Manusia  yang memiliki Integritas, berkualitas baik dari sisi Knowledge, Skill, maupun Sikap dan Perilaku serta Moral yang baik.Memiliki acuan/pedoman berperilaku dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Insan BAMUIS BNI
Memiliki Budaya Kerja yang mampu  mendorong tercapainya Visi dan Misi.Menumbuhkan sikap dan perilaku yang mampu berperan memberi kontribusi optimal terhadap pencapaian Visi dan Misi BAMUIS BNI
Memiliki Nilai Budaya kerja yang sejalan dengan Sistem dan Prosedur yang ada di Perusahaan antara lain Kompetensi, Budaya Layanan, Budaya Prestasi, Reward and Punishment, Pengembangan Leadership.Menjadi pendorong bagi Insan BAMUIS BNI untuk senantiasa berkinerja unggul, guna mendukung pencapaian kinerja perusahaan.
Memberikan nilai tambah dimata stakeholders (peserta dan pegawai).Menimbulkan rasa kebanggaan bagi Insan BAMUIS BNI.

Budaya Kerja Baru BAMUIS BNI
"PRIMA DP MAPAN"

Budaya Kerja BAMUIS BNI memiliki lima nilai yang disebut sebagai PRIMA DP MAPAN :

PRofesionalisme

Integritas

Sinergi & KerjasaMA

Dinamis

Orientasi kepada Peserta

5 Nilai Budaya Kerja
8 Perilaku Utama
Insan BAMUIS BNI

Lima Nilai Budaya Kerja BAMUIS BNI ini menjadi landasan bagaimana BAMUIS BNI mencapai Visi “DARI MUSTAHIK MENJADI MUZAKI”.

Nama PRIMA DP MAPAN diambil dari perpaduan beberapa huruf dari 5 (liMA) Nilai Budaya Kerja beserta 8 (delaPAN) Perilaku Utama Insan BAMUIS BNI. Selain itu, kata PRIMA berarti ”Unggul dalam berpikir dan bertindak”. Diharapkan bahwa seluruh Insan BAMUIS BNI berperilaku sesuai PRIMA DP MAPAN dalam menjalankan organisasi.

5 Nilai Budaya Kerja

BAMUIS  BNI

8 Perilaku Utama Insan

BAMUIS  BNI

PRofesionalisme

Memiliki kompetensi handal dan berkomitmen memberikan hasil.

 

 

Meningkatkan Kompetensi

Memberikan Hasil Terbaik

Integritas

Berkomitmen untuk selalu konsisten antara pikiran, perkataan dan perbuatan yang dilandasi oleh kata hati dan kepercayaan pada prinsip-prinsip kebenaran yang hakiki

 

 

 

Berakhlak

Beretika

Sinergi & KerjasaMA

Mengutamakan kebersamaan dengan dilandasi sikap saling menghargai dan hubungan kemitraan yang sinergis

Kebersamaan yang Unggul dan harmonis

Dinamis

Senantiasa mencari peluang dan solusi untuk meningkatkan layanan dan kinerja yang melampaui harapan pegawai dan peserta

 

 

Siap menghadapi perubahan

Selalu melakukan perbaikan

Orientasi kepada Peserta

Mengutamakan kepentingan peserta secara konsisten.


Memberikan Layanan Terbaik
 

Visi dan Misi BAMUIS BNI

Setiap organisasi memerlukan cita-cita luhur yang mengilhami semua anggotanya untuk bergerak secara selaras dan mengatasi berbagai perubahan untuk merealisasikan cita-cita tersebut.

Visi

“BAMUIS” DARI MUSTAHIK MENJADI MUZAKKI

Misi

Menyalurkan dan mendayagunakan Zakat, Infak dan Sedekah dalam upaya peningkatan kualitas ummat dan pengentasan kemiskinan melalui peningkatan pendidikan, pembiayaan usaha-usaha produktif, pembangunan dan renovasi sarana ibadah, sosial serta bantuan kemanusiaan.

Tantangan BAMUIS BNI berada pada bagaimana Insan BAMUIS BNI berpikir dan bertindak dalam menjalakan Misi dan mencapai Visi BAMUIS BNI. Seluruh jajaran Insan BAMUIIS BNI harus memiliki derap langkah yang selaras agar pelaksanaan Misi dan pencapaian Visi BAMUIS BNI terlaksana secara efektrif dan efisien. Jawaban atas tantangan tersebut berada pada kejelasan Budaya Kerja BAMUIS BNI yang perlu terus menerus dibangun, diperkuat dan diamalkan.