Bukti Iman pada Allah SWT

Sedekah atau dalam bahasa Arab shodaqoh yang berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara spontan dan sukarela tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. Juga berarti suatu pemberian yang diberikan oleh seseorang sebagai kebajikan yang mengharapkan ridho Allah SWT dan pahala semata.

Tidak hanya kegiatan yang baik untuk mendapatkan pahala, sedekah juga bisa menjadi ciri-ciri yang mudah untuk memberikan intropeksi ke dalam diri kita bahwa diri kita orang yang munafiq atau tidak.

Sebagaimana yang kita pahami bersama bahwa shodaqoh itu adalah suatu bukti keimanan. Bukti bagaimana? sebagaimana di Hadits Riwayat Muslim Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda:

وَالصَّدَقَةُبُرْهَانٌ

“ Sedekah adalah burhan (bukti) “ (H.R Muslim)

Bukti bahwa kita sebagai orang beriman adalah dengan bersedekah sebagian hartanya secara sukarela dan menjadikan hal itu yang sangat dicintai, dengan begitu keimanan pada Allah SWT dapat dibuktikan dengan baik.

Semua orang pasti suka dengan yang namanya harta, namun kalau seseorang bisa mengeluarkan hartanya untuk fisabilillah, infaq dan shodaqoh berarti dia mengedepankan dan menomorsatukan ketaatan kepada Allah SWT. Jika bukan karena hati yang tulus dan bukan orang yang memiliki iman pasti tidak akan mau untuk mengeluarkan hartanya. Sedekah bukan juga berkaitan dengan harta tetapi senyuman atau hal kebajikan yang dilakukan untuk orang lain dengan mengharap ridho Allah SWT juga bisa dikatakan sedekah.

Surat at-taubah ayat 54 Allah menerangkan tentang ciri-ciri munafik Allah berfirman:

Dan yang menghalang-halangi infak mereka untuk diterima adalah karena mereka kafir (ingkar) kepada Allah dan Rasul-Nya … tidak (pula) menginfakkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan (terpaksa).”

Jadi kalau kita mempunyai sifat seperti yang dijelaskan ayat di atas, kita infaq dan sedekah niatnya bukan karena Allah SWT sebenarnya enggan tapi terpaksa, berarti itu menandakan masih ada sifat kemunafikan di dalam dirinya. Maka dikatakan tadi bahwa sedekah adalah burhan atau bukti keimanan dan enggan bersedekah, enggan berinfak adalah sebagian dari ciri atau sifat kemunafikan.

Dengan itu, penulis mengajak kepada kerabat sekalian untuk tidak menyepelekan sedekah, tidak harus dimulai dengan harta tetapi cukup dengan hal yang simpel dan mudah dilakukan semua orang seperti bertutur kata yang baik dan tersenyum. Sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW. yang artinya,
Tiap-tiap amalan ma‟ruf (kebijakan) adalah sedekah. Sesungguhnya diantara amalan ma‟ruf ialah berjumpa kawan dengan wajah yang ceria (senyum) dan mengurai isi embermu untuk diisikan kemangkuk kawanmu” (HR. Ahmad)

 

Semoga tulisan ini bermanfaat wallahu `alamu bisowab, wassalamualaikum, warahmatullahi wabarakatuh. (Artikel by. Roki Syadad)

On 29-11-2021 0 224

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Anda butuh bantuan?
Assalamu'alaikum wr wb, Kami Yayasan BAMUIS BNI mempunyai beberapa program penyaluran yang tersedia, antara lain:
- Program Pendidikan
- Program Kesehatan
- Program Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa (BMUK)
- Program Santunan Kemanusiaan
- Program 1000 TPA
- dsb

Mohon untuk dapat diinformasikan kepada kami, apa yang bisa kami bantu?