Dahsyatnya Sedekah Subuh

Sedekah merupakan sebagian dari amalan yang dapat membrikan petunjuk dan mengantarkan umat Islam. Menuju surga Allah SWT. Secara sosial sedekah sangat bermanfaat untuk dapat mengurangi ketimpangan karena dengan sedekah dapat membantu masyarakat yang kurang mampu.

Sedekah tidak sekedar memberi tetapi ada teori kapan waktu yang tepat untuk bersedekah, hal tersebut dilihat dari waktu masyarakat yang paling banyak membutuhkan. Waktu sedekah subuh. Untuk menjalankan sedekah subuh tidak harus pada anak yatim atau miskin.

Amalan tersebut bertujuan untuk kebaikan mereka yang membutuhkan, dengan mengeluarkan hartanya di jalan Allah dan dilaksanakan pada waktu subuh maka malaikat anak mendoakan dirinya. Sesuai dengan sabda Rasulullah:

“Tiada sehari pun sekalian hamba memasuki suatu pagi, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satu dari malaikat berkata, ‘Ya Allah, berikanlah rezeki kepada orang yang menafkahkan hartanya’. Sementara yang lain berkata, ‘Ya Allah, kurangkanlah dari yang dimiliki orang yang menahan hartanya’.” (HR Bukhari dan Muslim).

Bersedekah di waktu subuh ini mempuyai kelebihan dan keutamaan yang dahsyat, salah satunya dapat mengabulkan doa-doa kita dan masih banyak yang lainnya. Mengutip perkataan Al-Marhum Syeh Ali Jaber bahwa waktu untuk bersedekah bisa kapan saja. Namun beliau menemukan bahwa sedekah subuh adalah yang terbaik. Berikut keutamaan sedekah subuh.

Pertama, orang yang mengamalkan sedekah subuh akan ada dua malaikat yang datang mendoakannya. Rasullah bersabda:

“Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah SWT menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata, ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah’. Malaikat yang satu berkata, ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.” (HR. Bukhari dan Muslin, dari Abu Hurairah).

Penjelasan dari hadist di atas, barang siapa yang memberikan hartanya maka maka malaikat medoakannya agar diberi kelancaran rezeki dan keberkahan. Sedangkan mereka yang tidak mau melakukannya, maka akan didoakan agar ditahan rezekinya.

Kedua, Permintaannya akan dikabulkan. Bersedekah yang diiringi dengan doa dapat membantu terkabulnya permintaan, memperlancar rezeki, mengangkat penyakit, sehingga memudahkan segala urusan.

Ketiga, Bersedekah subuh dapat menghapus Dosa dan diberikan ketenangan hati bagi yang mengamalkannya. Hal ini sesuai dengan hadist berikut:
“Sedekah dapat menghapus disa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Trimidzi).

Keempat, bersedekah subuh membuat harta menjadi berkah, jadi bagi orang yang mau bersedekah jangan takut hartanya berkurang karena dengan bersedekah pada waktu subuh akan membuat harta yang kita miliki semakin berkah. Artinya, harta yang kita sedekahkan akan diganti berlipat-lipat oleh Allah SWT.

Tetapi jangan sampai lupa sedekah yang kita berikan harus dilakukan secara ikhlas dan tulus agar semua amalannya dapat diterima dengan baik, jadi jangan sampai sedekah yang kita berikan semata-mata ingin mendapatkan ganti yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Kelima, orang yang sedekah subuh akan didekatkan pada pintu surga dan dijauhkan dari api neraka. Hal ini disebutkan dalam hadist berikut.
“Orang yang memberikan atau menyumbang dua harta di jalan Allah, maka ia akan dipanggil oleh salah satu dari pintu surga, ‘Wahai hamba Allah, kemarilah untuk menuju kenikmatan.” (HR Bukhari dan Muslim).

“Jauhilah api neraka, walau hanya dengan bersedekah sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimat thayyibah.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari penjelasan keutamaan bersedekah di atas, kita jadi tahu dan mendapatkan pelajaran bahwa sedekah subuh dapat memberikan keberkahan dan ketenangan hidup. (Artikel by. Dea Mardiana – Penerima Program 1.000 Dai BAMUIS BNI_UMJ)

On 27-12-2021 0 444

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Scroll to Top
Open chat
1
Anda butuh bantuan?
Assalamu'alaikum wr wb, Kami Yayasan BAMUIS BNI mempunyai beberapa program penyaluran yang tersedia, antara lain:
- Program Pendidikan
- Program Kesehatan
- Program Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa (BMUK)
- Program Santunan Kemanusiaan
- Program 1000 TPA
- dsb

Mohon untuk dapat diinformasikan kepada kami, apa yang bisa kami bantu?