Mencari Ketenteraman Dalam Hidup

Hidup bahagia dengan diiringi ketentraman adalah keinginan dan dambaan semua orang, baik masih muda atau tua, sudah berkeluarga atau masih lajang, miskin atau kaya, siapa yang tidak memimpikan hal tersebut

 

Ketenangan pikiran dan hati merupakan sebagian ciri dari kebahagiaan dan ketentraman hidup, bukan masalah seberapa banyak materi yang mereka punya tetapi bagaimana hidup kita penuh dengan ketengan dan kenyamanan. Materi tidak menentukan kebahagiaan tetapi hanya sebagai pelengkap dan sama sekali ketentraman hidup tidak bisa dibeli hanya dengan materi, itu dibuktikan dengan adanya orang miskin yang hanya memakan seadanya tetapi mereka mempunyai ketentraman hidup serta kebahagian lebih dari orang yang berlimpah hartanya.

 

Ada banyak cara untuk menjadi orang yang hidupnya penuh dengan ketentraman. Sebelum melangkah pada hal tersebut perlu diketahui bahwa hidup pasti ada pasang surutnya lalu bagaimana cara untuk menyikapi hal tersebut, berikut beberapa cara untuk mendapatkan ketentraman hidup.

 

Beribadah dengan benar adalah cara yang pertama untuk mencari ketentraman hidup. Semua agama di dunia ini tidak ada yang mengajarkan kejahatan, agama apapaun pasti mengajarkan untuk menjadi orang yang berperilaku baik, setelah medapatkan kebaikan jangan lupa untuk mensyukurinya. Rasa syukur itu adalah bentuk cara menghargai apapun yang kita dapatkan baik dalam keadaan bahagia atau susah.

 

Jangan lupa sering bersilaturahim karena dengan bersilaturahim kita akan banyak menemukan sahabat, teman dan keluarga baru. Ketika sering dikelilingi orang maka akan semakin banyak pula yang menyayangi dan menghargai kita, dengan begitu hidup semakin nyaman, tentram dan penuh dengan kebahagiaan.

 

Untuk mencari ketentraman hidup harus berperilaku dan berpikir positif terlebih dahulu, untuk mendapatkan hal itu harus dimulai dengan membuang jauh-jauh rasa hawatir kita. Rasa yang penuh dengan pikiran negatif hanya akan membuat hidup semakin gelisah dan tidak tenang.

 

Jangan lupa juga berdoa kepada Allah SWT untuk memohon ketentraman hidup, berikut doanya:

رَّبِّ أَدْخِلْنِى مُدْخَلَ صِدْقٍ وَأَخْرِجْنِى مُخْرَجَ صِدْقٍ وَٱجْعَل لِّى مِن لَّدُنكَ سُلْطَٰنًا نَّصِيرًا

Artinya: “Ya Tuhanku, masukkanlah aku ke dalam golongan yang benar dan keluarkanlah aku ke tempat orang-orang yang benar. Dan berikanlah aku di sisi-Mu kekuasaan (pemimpin) yang menolong.”

 

Dengan mengalamalkan apa yang sudah dipaparkan di atas, semoga menjadi jalan untuk menjadi orang yang lebih baik dan mendapatkan ketentraman hidup. Aamiin Ya Rabbal Alamin.

Wallahu a’lam. (Artikel by. Suryadi Ali Wahyudi_Penerima Program 1.000 Dai)

On 13-01-2022 0 145

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Anda butuh bantuan?
Assalamu'alaikum wr wb, Kami Yayasan BAMUIS BNI mempunyai beberapa program penyaluran yang tersedia, antara lain:
- Program Pendidikan
- Program Kesehatan
- Program Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa (BMUK)
- Program Santunan Kemanusiaan
- Program 1000 TPA
- dsb

Mohon untuk dapat diinformasikan kepada kami, apa yang bisa kami bantu?