Sedekah Bukan Sekedar Rupiah

Dalam ajaran agama Islam mengajarkan pada penganutnya untuk melakukan kebaikan secara terus menerus kepada sesama, salah satu contohnya adalah bersedekah kepada siapapun. Islam terus berkembang bukan atas dasar kikir dan menahan harta benda. Oleh karena itu Islam memerintahkan untuk setiap orang muslim agar rajin bersedekah, baik sedekahnya terang-terangan maupun tersembunyi.

 

Ulama Fikih sepakat bahwa sedekah merupakan perbuatan yang disyariatkan dan hukumnya adalah sunnah. Dalam Islam sedekah mempunyai arti yang sangat luas tidak hanya sebatas pada pemberian sesuatu yang sifatnya materi kepada orang yang tidak mampu, tertapi sedekah mempunyai sifat yang lebih dari itu, sedekah mencakup semua perbuatan kebaikan, baik bersifat fisik maupun bukan fisik.

 

Islam tidak pernah membebani umatnya, jadi umat Islam yang tidak mampu untuk melaksanakan perintahnya, maka Islam terbuka dan memberikan keringanan dengan berbagai alternatif, seperti contoh orang yang tidak mampu untuk bersedekah secara materi, maka baginya boleh bersedekah dengan selain materi seperti membantunya secara fisik, dan bahkan memberikan senyuman itu termasuk sedekah dalam Islam. Islam menegaskan bantuan tidak harus berupa harta benda, tetapi menolong orang yang membutuhkan dapat dinilai dengan sedekah.

 

Sedekah bukan hanya identik dengan memberikan sesuatu terus dianggap mendapatkan pahala dan sudah selesai. Meskipun kita menyedekahkan sebagian dari apa yang kita miliki kepada orang lain, tetapi mengharapkan imbalan, maka sedekah yang seperti itu tidak bernilai dimata Allah SWT. Sebaliknya jika sedekah dibarengi dengan keikhlasan karena Allah SWT, maka Allah SWT akan melipat gandakan balasan yang akan diberikannya. Karena nilai ikhlas itu sudah dikuadratkan oleh Allah SWT. Tak sedikit yang menerima balasan secara singkat setelah bersedekah. Dalam hadist Bukhori Muslim, Rosulullah besabda:
“Barang siapa yang bersedekah senilai dengan satu butir kurma dari hasil usaha yang halal dan Allah tidak menerima kecuali yang halal, maka Allah menerimanya dengan tangan kananNya, kemudian Allah SWT kembangbiakkan anak kudanya sehingga semakin banyak sampai seperti gunung”. (HR. Bukhari dan Muslim)

 

Selain itu sedekah yang kamu berikan akan menghapus dosa besar yang telah kamu lakukan meskipun dosa tersebut tidak dihapus begitu saja. Namun tetap harus disertai dengan perbuatan yang baik dan juga taubat. Dalam Hadist At-Tirmidzi disebutkan bahwa sedekah dapat menghapus dosa.
“Sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api”. (HR. At-Tirmidzi).

 

Kalau kita bersedekah tanpa disadari juga akan menambah umur sekaligus mencegah mengalami kematian yang buruk sekaligus menghilagkan berbagai sifat tidak baik yang ada dalam diri kita. Sehingga bersedekah sudah sepantasnya dilakukan untuk memperoleh banyak pahala.

 

Sesuai dengan hadist Nabi “Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri”. (Thabrani).` (Artikel by. Esti Astriyani)

On 06-12-2021 0 197

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Open chat
1
Anda butuh bantuan?
Assalamu'alaikum wr wb, Kami Yayasan BAMUIS BNI mempunyai beberapa program penyaluran yang tersedia, antara lain:
- Program Pendidikan
- Program Kesehatan
- Program Pemberdayaan Ekonomi Dhuafa (BMUK)
- Program Santunan Kemanusiaan
- Program 1000 TPA
- dsb

Mohon untuk dapat diinformasikan kepada kami, apa yang bisa kami bantu?